Fakta Penetapan Tambang Ombilin Sawahlunto sebagai Warisan Dunia UNESCO 2019

oleh -

Fakta Penetapan Tambang Ombilin Sawahlunto sebagai Warisan Dunia UNESCO 2019

SEMANGATNEWS.COM – Kota Sawahlunto akhirnya masuk ke dalam daftar warisan dunia versi UNESCO. Ketetapan Tambang Ombilin di Sawahlunto, Sumatra Barat, sebagai salah satu warisan dunia dilakukan pada sidang Komite World Heritage Centre UNESCO ke-43 di Baku, Azerbaijan, pada Sabtu (6/7) sore WIB.

Hingga akhirnya ditetapkan sebagai salah satu Warisan dunia oleh Unesco, berbagai upaya telah dilakukan untuk menjadikan daerah tambang tersebut layak dijadikan sebagai Warisa Budaya dunia oleh UNESCO.

Berikut fakta-fakta terkait penetapan tambang ombilin sawahlunto ( Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto ) sebagai Warisan Dunia versi UNESCO tahun 2019.

1. Menjadi Situs Warisan Dunia ke 9 di Indonesia

Keberhasilan kota Sawahlunto tersebut menambah daftar warisan dunia yang dimiliki Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah memiliki delapan warisan dunia sejak 1991. Kedelapan situs itu adalah sebagai berikut: (1) Taman Nasional Komodo sejak 1991, (2) Taman Nasional Ujung Kulon sejak 1991, (3) Taman Nasional Lorentz sejak 1999, dan (4) Hutan Hujan Tropis Sumatra sejak 2004.

Kemudian, empat lagi warisan dunia versi UNESCO kategori budaya, yakni (5) Kompleks Candi Borobudur sejak 1991, (6) Kompleks Candi Prambanan sejak 1991, (7) Situs Manusia Purba Sangiran sejak 1996, dan (8) Lanskap Kultural Sistem Subak di Bali sejak 2012.

baca juga : 9 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia Tahun 2019, Yang Terbaru ada di Sumatera Barat

2. Tambang Ombilin Sawahlunto merupakan adanya pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa

Keunikan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto menunjukkan adanya pertukaran informasi dan teknologi local dengan teknologi Eropa terkait dengan eksplotasi batu bara di masa akhir abad ke-19 sampai dengan masa awal abad ke-20 di dunia, khususnya di Asia Tenggara