Indonesia Indikator : Respon Pemerintah Daerah Terhadap Isu Yang Berkembang Penting Dalam Meningkatkan Pembangunan Daerah

oleh -
Taufik Analis Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Indonesia Indikator

SEMANGATNEWS.COM – Pengelolaan respon pemerintah daerah terhadap isu yang berkembang merupakan sesuatu yang penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan kemajuan pembangunan penyelenggaraan pemerintah daerah. Karena itu data analisa pemberitaan atau isu-isu strategis setiap waktu bagi Humas yang dekat dengan pelayanan pimpinan, amat bermanfaat dalam memberikan masukan, saran dan pendapat berharga  bagi pimpinan dalam memajukan pembangunan daerahnya.

Hal ini diungkap analis Indonesia Indikator bidang penyelenggaraan pemerintahah daerah, Taufik (Yogyakarta) dalam pertemuan dialog dengan tim analisa Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui aplikasi zoom metting, Selasa siang (16/3/2021).

Baca Juga:  Emma Yohana Minta Pemerintah Bangun Fly over Solok Selatan-Dharmasraya

Lebih lanjut Taufik katakan, dibeberapa provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur hal ini telah menjadi sesuatu yang menarik dimana kepala daerah bergerak dinamis merespon isu dan situasi pembangunan daerahnya. Hal ini juga mampu meningkatkan produktifitas pemberitaan dan stabilitas informasi pembangunan daerah berkembang dengan baik.

“ Kita berharap pemerintah provinsi Sumatera Barat melalui Biro Humas dapat melakukan hal yang sama, walau kekuatan jumlah media, jumlah pembaca dan tingkat sebaran berita tidak sebanyak media-media yang ada di pulau Jawa. Karena pusat media nasional itu banyak berkembang di pulau Jawa sehingga pemberitaan dan kegiatan yang dikemas amat cepat menjadi pembicaraan isu secara nasional”, ungkapnya.

Baca Juga:  Wabup Datuk Labuan Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi

Taufik katakan, saat ini persaingan produktifitas sebaran pemberitaan antar daerah lebih ketat di pulau Jawa. Pada tahun 2020 pemberitaan DKI Jakarta sebanyak lebih dari 1,5 juta sebaran itu karena selain sebagai pusat ibu kota Negara, juga jumlah terbesar media nasional ada di tumbuh dan besar di Jakarta, tentunya kondisi tidak dapat dijadikan pedoman strategi dalam sebaran berita penyelenggaraan pemerintah daerah.