Inovasi HPN, Jambore Jurnalist di Perkampungan Palupuah, Agam

by -

Inovasi HPN, Jambore Jurnalist di Perkampungan Palupuah, Agam

SEMANGATNEWS.COM -Hari Pers Nasional ( HPN ) ke-75 ,Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arpin Dt.Parpatiah dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Agam lahirkan inovasi cemerlang di perkampungan Kecamatan Palupuah, Kab.Agam, Sumbar.

Kegiatan yang digelar berupa Jambore Jurnalist dalam rangka memeriahkan HPN ke-75 dengan inovasi baru ini pertama kali dilaksanakan di lingkungan wartawan se- Sumbar .

Bupati terpilih DR. Andri Warman, MM., hadir membaur di tengah wartawan Agam di Palupuah, sebelumnya (11/1) dengan Jurnalis Perwakilan Agam /Bukittinggi memberikan kesan dan keakraban.

“Acara Jambore Jurnalist pertama di Sumbar sekalipun di tengah Pandemi Covid yang masih bergentayangan namun semangat anak nagari di perkampungan Palupuah tetap berinovasi untuk memajukan kampung,” jelas Wali Nagari Zul Arfin Dt.Parpatiah .

Jambore Jurnalist tersebut digelar selama dua hari yaitu pada 23-23 Januari. Acara ini tidak hanya penting buat PWI namun juga berdampak pada pembangunan ekonomi rakyat dan kemajuan nagari.

Mursyidi yang juga ketua PWI Agam berharap kegiatan ini dapat menjadi model.Sebab, kegiatan ini dilaksanakan di alam terbuka dengan mematuhi protokol kesehatan. Diikuti oleh 30 orang wartawan yang tergabung dalam PWI Agam, mitra kerja PWI dari kominfo, dan masyarakat setempat,” jelas Mursyidi.

Pelatihan Jurnalis secara kilat yang dikuti oleh anak Nagari merupakan program pencerdasan untuk generasi millenial agar dapat mengenal dunia wartawan terkait tugas serta fungsi pers yang sesungguhnya.

Rangkaian acara dikemas rapi dengan jadwal padat dan jelas.
Disamping pelatihan jurnalistik juga terdapat serangkaian kegiatan kearifan lokal, yaitu manjalo ikan, menangkap udang dan festival kuliner.

Selain itu juga terdapat kegiatan alam menyusuri sungai, bakhti sosial, penampilan kesenian juga dakwah dalam bentuk kuliah subuh.

Terkait kerumunan, Wali Nagari, Zul Arifin, mengatakan bahwa panitia sangat tegas dalam penerapan protokol kesehatan.

“Di lapangan dibagi perkelompok sehingga tidak ada kerumunan. Di lokasi juga disediakan perangkat 3M. Swab dan test rapid juga menjadi bagian utama bagi panitia demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona,” paparnya. Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.