Kakanwil Kemenag Titipkan Jemaah Haji Sumbar ke Ketua Kloter UPG 19

by -

SEMANGATNEWS.COM, PADANG – Jemaah haji Kloter VIII sekaligus Kloter terakhir Embarkasi Padang sudah bertolak dari Bandara International Minangkabau (BIM) menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (2/7).

Pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 seri 300 ER, GA 1119 take off pada pukul 13.50 wib. Penerbangan ini menutup seluruh rangkaian penyelenggaraan Ibadah Haji bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan P3IH Embarkasi Padang.

Keberangkatan Kloter pamungkas ini diantar gubernur diwakili Kabiro Kesra Irsyad, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi didampingi Kabag TU, Kepala Bidang, Kepala UPT Asrama Haji dan Kakan Kemenag daerah asal jemaah haji.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan haji dan Umrah (PHU), Joben mengatakan jemaah Kloter VIII (PDG 08) ini terbang bersama jemaah Ujung Pandang (UPG) 19, Embarkasi Makassar.

“Pesawat hanya transit di BIM tanpa menurunkan jemaah ke ruang tunggu. Seperti biasa, jemaah Embarkasi Padang naik ke pesawat dari landasan setelah turun dari bus yang membawa jemaah dari Asrama Haji,” ungkap Joben.

Adapun jumlah kloter nusantara ini imbuh Joben, sebanyak 309 orang dengan rincian 138 jemaah Embarkasi Padang, 167 jemaah Embarkasi Makassar. Petugas Kloter 4 orang, dua dari Sumbar Pembimbing Ibadah dan paramedis. Dua dari Makassar Ketua Kloter dan Dokter.

Usai melepas jemaah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh petugas Embarkasi yang telah menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji.

“Alhamdulillah semua jemaah Embarkasi Padang telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Kita bersyukur selama proses penyelenggaraan ibadah haji ini tidak ditemukan kendala yang berarti,” tutur Kakanwil.

“Ini berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak mulai dari Pemprov, Dinas Kesehatan, Imigrasi, Angkasa Pura, Garuda, Otorita Bandara, Dinas Perhubungan, UPT Asrama Haji dan semua pihak serta petugas,” tukuk Kakanwil.

Ia berharap semua jemaah Embarkasi Padang, termasuk Bengkulu dan jemaah haji Indonesia umumnya diberi kekuatan, perlindungan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah haji.

Kepada Ketua Kloter, Mukti Ali Daeng Lau Kakanwil juga menitipkan jemaah haji Embarkasi Padang untuk dibimbing dan diberi pembinaan selama dalam perjalanan dan saat berada di Tanah Suci nanti.

Ketua Kloter UPG 19, Ali Mukti sengaja turun dari pesawat menemui Kakanwil dan Petugas Embarkasi Padang untuk pamit dan mohon doa agar jemaah Kloter nusantara ini selamat sampai di Tanah Suci dan selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT.

Adapun petugas yang mendampingi jemaah Embarkasi Padang dan Makassar ini, Ketua Kloter VIII Mukti Ali Daeng Lau, Pembimbing Ibadah, Dasrial Syamsuar Jamaan, dokter Fitri Haruna Dokter dan paramedis Mitriya Rika ZM Efrizal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.