Melbourne Kota Ternyaman Dunia Namun Kejam Bagi Perokok;Catatan Ilham Bintang

oleh -

Melbourne Kota Ternyaman Dunia Namun Kejam Bagi Perokok;Catatan Ilham Bintang

Setiap kali menginjakkan kaki di kota Melbourne, Australia, setiap kali itu pula saya langsung teringat mantan Menteri Kelautan & Perikanan RI Susi Pudjiastuti, sejawat wartawan senior Karni Ilyas, Asro Kamal Rokan, Timbo Siahaan, Rosiana Silalahi, aktor Deddy Mizwar, dan produser film Indonesia, Zairin Zain. Hemat saya kota indah dan bersih ini cocok sekali bagi para smokers, saya dan kawan-kawan itu.
Lembaga pemeringkat kota dunia, Global Liveability Report ( GLR), lima tahun lalu melaporkan, Ibu Kota negara bagian Victoria Australia itu menempati peringkat kedua dari 10 kota dunia dengan skor tertinggi sebagai kota paling nyaman untuk ditinggali. GLR di tahun itu meneliti 140 kota di dunia.
Aspek penilaiannya meliputi stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur. Hanya Kota Wina, Austria di atasnya, yang menempati top rangking.
Sebelumnya, Melbourne malah pernah bertengger dibtop rangking selama 7 tahun berturut-turut.Namun, akhirnya posisinya lima tahun lalu itu, dilampaui oleh Wina.

Baca Juga:  Cuplikan Kisah Human Interest "Mat Kodak"; Oleh Wina Armada Sukardi

Melbourne menurut GLR, merepresentasikan Benua Kanguru, baik dari ciri kepribadian warganya, modernitas, dan kebebasan yang dianut.
Melbourne terkenal dengan kopi dan masakan dengan cita rasa dan seni yang unik, hingga tak henti menjadi tujuan wisatawan dari mancanegara, dan dari waktu ke waktu.

No More Posts Available.

No more pages to load.