MUI Sumbar Gelar Rakorda di Payakumbuh, Bendung Aliran Sesat

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Maraknya berkembang aliran sesat dalam kurun waktu belakangan ini kian meresahkan masyarakat. Menyikapi hal ini MUI Sumbar melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Mangkuto Syari’ah, Ahad 23 Januari 2022.

Ketua Umum MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar Lc MAg mengatakan, Pengurus MUI di Kabupaten Kota harus menjalin koordinasi terkait maraknya aliran sesat di Sumbar. Ia memesankan agar pengurus MUI harus tanggap dan sigap dalam membendung penyebaran aliran sesat tersebut.

Baca Juga:  Ketua PWI Sumbar ; Kami Dukung KONI Untuk Raih Prestasi pada PON Mendatang

“Pengurus MUI Kabupaten Kota harus terus menjalin koordinasi dari pusat hingga ke daerah. Banyak persoalan umat yang perlu didudukkan bersama, terutama menyikapi aliran menyimpang yang kembali marak akhir-akhir ini,” tutur beliau.

Salah satu pemantik Rakorda MUI tersebut, ditemukan beberapa aliran seperti Bab Kesucian dan Faiz Al-Baqarah. Sebelumnya MUI Tanah Datar sudah mengeluarkan Maklumat dan Taushiyyah terkait aliran menyimpang tersebut.

Baca Juga:  Fauzi Bahar : Agama dan Adat Adalah Benteng Kehidupan Generasi Muda

“Apa yang sudah dikeluarkan MUI Tanah Datar adalah kajian yang berdasarkan riset dan penelitian. Itu juga menjadi sikap MUI Sumbar dan seluruh MUI Kabupaten Kota,” tutur Buya Gusrizal.

Sebagai narasumber, MUI Sumbar mendatangkan pemateri dari MUI Pusat. Yakni, Prof Dr Utang Ranuwijaya selaku Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian MUI Pusat, dan Dr Amirsyah Tambunan selaku Sekretaris Jendral MUI Pusat.

Baca Juga:  Ketua DPRD Hamdi Agus : Masjid Alhidayah UM Sumbar Berikan Manfaat Bagi Masyarakat Dan Dekat Dengan DPRD

Selain pembahasan seputar pencegahan aliran sesat, juga dibahas tentang mandatory vaksin yang banyak menimbulkan kontroversi. MUI Sumbar menegaskan bahwa Maklumat MUI tentang vaksin masih tetap pada prinsipnya. Bahwa pemerintah selaku stick holder harus mengedepankan sikap persuasif dan humanis dalam menjalankan program vaksinasi.(07)

No More Posts Available.

No more pages to load.