Pemberian Gelar Sangsako Adat Kepada Jend.Pol Tito Karnavian Karena Jasanya

by -
Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan sambutan pada acara penganugrahan Gelas Sangsako Adat Suku Sikumbang kepada Kapolri Tito Karnavian dan istri di Mapolda Sumbar, beberapa waktu lalu.

SEMANGAT SUMBAR – Pemberian gelar Sangsako Adat Sutan Rajo Pagar Alam kepada Jenderal Polisi Tito Karnavian selaku Kepala Polisi Indonsia dan istrinya Tri Suswanti dari  Niniak Mamak suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam, Sumatra Barat adalah suatu bentuk penghargaan dan perhatian telah dianggap berjasa bagi Adat Minangkabau dan pembangunan di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya pada acara pemberian gelar sangsako adat kepada Kapolri Jend.Pol Tito Karnavian dan Istri Ir. Tri Suswati,M.S oleh LKAAM Provinsi Sumatera Barat atas nama suku Sikumbang Kamang Mudiak di Mapolda Sumbar, Minggu malam (2/4/2017).

Gubernur Irwan Prayitno lebih jauh menyampaikan, berkat jasa Tito Karnavian terhadap Minangkabau sendiri adalah perjuangannya memulai perencanaan sampai untuk berusaha mencairkan anggaran pembangunan gedung Mapolda Sumbar hingga menjadi gedung Polri termegah kedua di Indonesia dengan anggaran yang melebihi dana 162 Miliyar Rupiah, saat Tito menjabat sebagai Asena Mabes Polri pada tahun 2015.

” Ya tentu ucapan terimakasih dan perhatian masyarakat Sumbar kepada Kapolri pasti sangat merasa terhormat. Memang kita lihat jasa-jasa Kapolri cukup besar atas perjuangan untuk pembangunan Mapolda Sumbar pasca gempa 2009 yang mengalami penyendatan pembangunannya, Mapolda Sumbar sendiri sempat mengajukan anggaran,namun cukup lama untuk menunggu anggarannya. Namun pada 2015 beliau menjabat sebagai Asena Mabes Polri langsung merespon pengajuan Mapolda Sumbar yang cukup lama tersebut ” Ucapnya.

Tak hanya itu, gelar Sangsako Sutan Rajo Pagar Alam yang diberikan kepada Tito tersebut juga sah diberikan oleh Ninik Mamak Suku Sikumbang Kamang Mudiak di Mapolda Sumbar, akan tetapi juga karena telah berhasil meningkatkan status Mapolda Sumbar dari Tipe B ketipe A, sehingga tampuk kepemimpinan Polda Sumbar nantinya akan dipimpin oleh Jenderal Polisi Bintang dua, ujar Irwan Prayitno bangga.

Selain itu, gelar tersebut diberikan karena adanya hubungan kekerabatan dan persahabatan yang erat antara Kapolri Tito dak Kapolda Sumatera Barat Fakhrizal yang juga berasal dari kaum suku Sikumbang Kamang Mudiak.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat Drs. Sayuti Datuak Rajo Panghulu yang mengukuhkan setelah adanya kajian dari kaum suku Sikumbang dan LKAAM kecamatan hingga kabupaten.

” Kami memberikan amanah kepada pak Kapolri Jend.Pol Tito Karnavian, MA.Ph.D Sutan Rajo Paga Alam dan Ir. Tri Suswati , M.S Puti Linduang Alam . Agar beliau semakian sukses dan harus menjaga adat Minangkabau dimana pun berada,” ujarnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.