Pemda Tanah Datar Dan PN Sepakati Pelayanan Kesehatan Disabilitas

oleh -

SEMANGATNEWS.COM, TANAH DATAR – Guna memberikan pelayanan kesehatan bagi penyandanģ disabilitas di Tanah Datar, Pengadilan Negeri (PN) Kelas II B Batusangkar tanda tangani Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja dengan Pemerintah Daerah Tanah Datar di Gedung Indo Jolito Batusangkar Jumat (13/05).

Ketua PN Batusangkar Agus Windana katakan, jika perjanjian kerjasama ini sudah lama direncanakan namun baru kali ini terlaksana dan PN Batusangkar juga telah menyurati Dinas Sosial dan PPA terkait layanan disabilitas yang mana diminta dinas terkait untuk memberikan pendampingan terhadap penyandang disabilitas di PN Batusangkar.

Baca Juga:  Resmikan Pasar Kuliner, Wagub Audy Apresiasi Pemuda Jorong Subarang Cipatakan Ide Kreatif.

Penyandang disabilitas mempunyai kedudukan hukum dan hak azazi yang sama sebagai warga negara Republik Indonesia dan harus diperlakukan sama sebagai warga Negara Indonesia dan harus diperlakukan tanpa diskriminasi,”ujarnya.

Agus menyebut Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah wajib melakukan perencanaan, penyelenggaraan dan evaluasi tentang pelaksanaan, penghormatan dan perlindungan hak penyandang disabilitas sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2020 tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Penyandang Disabilitas Dalam Proses Peradilan.

Baca Juga:  Bupati Eka Putra Tutup Jordus Cup XVIII Tahun 2022

Sebagai implementasi dari per UU tersebut Mahkamah Agung (MA) RI telah mengeluarkan peraturan melalui SK Dirjen Badilum Nomor 1692/DJU/SK/PS.00/12/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri,” jelas Agus.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan sampaikan ucapan terima kasih kepada PN Batusangkar atas terlaksananya kesepakatan tersebut karena akan lebih optimal dalam pelayanan kesehatan bagi disabilitas Tanah Datar yang akan menggunakan layanan di PN Batusangkar.

No More Posts Available.

No more pages to load.