Penghujung Tahun 2020 PWI Sumbar Adakan Rakor dan KLW

oleh -

Penghujung Tahun 2020 PWI Sumbar Adakan Rakor dan KLW

SEMANGATNEWS.COM – Dipenghujung tahun 2020 dan memasuki tahun baru 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat melaksanakan dua agenda penting yakni rapat koordinasi daerah (rakorda) dan Karya Latihan Wartawan (KLW).

Dua kegiatan tersebut diselenggarakan Kamis (31/12) di kantor PWI Sumbar, Jalan Bagindo Azis Chan, Padang dengan peserta pengurus dan anggota PWI kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Baca Juga:  PWI Pusat Anugerahi PCNO kepada 9 Wartawan dan Pena Mas untuk Gubernur Kalsel

Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus mengatakan dua kegiatan dimaksud sengaja digelar pada akhir tahun agar pergantian tahun bermanfaat bagi para wartawan anggota PWI. “Ini adalah program yang terencana, namun terganggu oleh adanya pandemi,” sebut dia.

Khusus kegiatan rakorda diselenggarakan untuk melihat sejauh mana program 2020 terealisir di seluruh PWI kabupaten/kota, sekaligus membicarakan program ke depan. “Ternyata hampir semua program PWI kabupaten/kota terganggu bahkan ada yang tidak bisa dilaksanakan sama sekali,” ujar Heranof.

Baca Juga:  Sumbar Istimewa ; Dalam Sebulan Ada 4 Gubernur di Rumah Bagonjong

Sementara KLW diselenggarakan untuk memberi wawasan bagi wartawan calon anggota PWI. Sebab banyak di antara wartawan sekarang yang tidak memahami PWI sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia. “Selain itu tentu juga pembekalan tentang jurnalistik,” sambung dia.

Untuk KLW pemateri adalah Dr. Ir. Basril Basyar dan Zulnadi dari unsur DKP PWI dengan moderator Sukri Umar Dt.Pado Basa, SPt.
Dua Wartawan Senior Sumbar ini menyampaikan materi kode etik jurnalistik dan UU Pers tahun 1999.
Kode etik itu adalah jiwa yang menuntun seorang wartawan dalam menjalankan profesinya. “Jika ini diamalkan wartawan bisa masuk syurga dan jika abai maka tantangannya adalah penjara”, ujar Basril Basyar.