Standar WHO, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar, Kapan Waktu yang Tepat Melakukannya?

oleh -
Cara mencuci tangan yang benar Standar WHO dan Waktu yang tepat untuk cuci tangan(Img:pexels/Kampus Production)

SEMANGATNEWS.COM – Mencuci tangan yang efektif mampu menurunkan risiko penyakit akibat kuman dan virus seperti flu, diare, dan sejenisnya.

Apalagi, pada masa pandemi ini mencuci tangan menjadi hal yang mesti kita perhatikan untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

Nah, apakah anda sudah cuci tangan dengan baik dan benar?

Jika belum, bagaimana langkah/cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut standar WHO?

Melansir qoala.app, WHO dan Kemenkes merekomendasikan langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar agar kuman tangan mudah hilang.

Cara Mencuci Tangan

Cara mencuci tangan yang baik dan benar(img:ist)

Berikut prosedur cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

1. Basahi tangan dengan air mengalir yang bersih dan hangat

Langkah pertama cara mencuci tangan yang benar menurut World Health Organization atau WHO adalah dengan membasahi tangan menggunakan air mengalir yang bersih dan hangat. Air mengalir lebih mampu menghilangkan kuman dan kotoran yang terdapat di tangan ketimbang menggunakan air kobokan.

2. Pakai sejumlah kecil sabun di telapak tangan

Setelah membasahi tangan dengan air mengalir, ambil sabun secukupnya lalu letakkan di telapak tangan. Sebaiknya gunakan sabun cair untuk meminimalisir kontak dengan virus dan bakteri yang mudah menempel di sabun batang. Terlebih jika sabun digunakan oleh banyak orang, sabun cair lebih direkomendasikan. Mencuci tangan dengan sabun sangat efektif dalam menghilangkan virus dan kuman yang ada di tangan.

Baca Juga:  Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Gratis, Cek Dulu Spesifikasi PC dan Laptop sebelum Mendownloadnya

3. Tangkupkan tangan dan gosok telapak tangan bersamaan, jauh dari air

Cara mencuci yang benar selanjutnya adalah dengan menangkupkan tangan yang telah diberi sabun kemudian menggosokkan kedua telapak tangan secara bersamaan. Pastikan kamu menjauhkan tangan dari air saat melakukan langkah ini.

4. Gosok bagian belakang atau punggung tangan

Tak hanya telapak tangan, cara mencuci tangan yang benar menurut WHO dan Brainly selanjutnya adalah dengan menggosok bagian belakang atau punggung tangan. Jangan lupa juga untuk menggosok kulit dan sela-sela jemari dengan meletakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari terjalin. Ulangi langkah ini dengan cara sebaliknya hingga beberapa kali sampai tangan benar-benar bersih.

5. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait

Kemudian letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dan sebaliknya dengan jari saling terkait. Lakukan langkah ini selama beberapa detik, pastikan sabun telah merata ke seluruh bagian tangan.

Baca Juga:  Link Twibbon Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia, Dukung Kampanye 'Global Hand Washing Day' dan Pasang Bingkai Foto di Instagram, WhatsApp, Facebook dan Twitter

6. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari

Cara mencuci tangan yang benar selanjutnya adalah dengan mempraktekkan tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun terkena kuku dan pangkal jari. Efektivitas dari mencuci tangan akan lebih terasa jika langkah ini dilakukan dengan benar.

7. Jempol Kanan Digosok Memutar oleh Telapak Kiri & Sebaliknya

Kemudian jempol kanan digosok dengan cara memutar oleh telapak kaki kiri dan jempol kiri digosok dengan cara memutar oleh telapak kaki kanan. Lakukan langkah ini selama beberapa detik hingga seluruh permukaan jempol terasa bersih.

8. Bersihkan telapak tangan dengan kuku (Kuncupkan Jari dan Putar di Atas Telapak Tangan)

Langkah atau cara cuci tangan yang benar selanjutnya adalah dengan membersihkan telapak tangan dengan kuku. Kuncupkan jari lalu putar kuku di atas telapak tangan. Tujuan mencuci tangan dengan cara ini adalah menghilangkan kuman dan kotoran yang tersembunyi di balik kuku.

9. Cuci dengan air bersih mengalir

Setelah langkah di atas telah dilakukan semua, selanjutnya kamu harus mencuci tangan atau membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Tujuan dari langkah ini adalah menghilangkan kotoran yang terdapat pada seluruh tangan, mulai dari telapak tangan, punggung tangan, hingga jari dan kuku. Pastikan sabun hilang dari seluruh permukaan tangan setelah proses ini selesai.

Baca Juga:  Haruskah Gamer Upgrade ke Windows 11 untuk Gaming?

10. Keringkan dengan handuk atau tisu yang bersih

Langkah terakhir atau penutup dari struktur teks prosedur cara mencuci tangan dengan baik dan benar adalah dengan mengeringkan tangan dengan handuk atau tisu yang bersih. Pastikan handuk atau tisu benar-benar bersih agar tangan tidak terkotori lagi oleh kuman yang ada di handuk. Segera jemur handuk setelah digunakan untuk mengeringkan tangan.

11. Pahami informasi tentang menjaga kebersihan tangan sebaik mungkin

Meskipun sepele, namun bagaimana proses atau cara mencuci tangan yang benar harus dipahami dengan baik agar kamu tidak mudah tertular penyakit. Ingat, virus sangat mudah berpindah melalui media tangan. Selain itu kamu juga perlu memahami informasi tentang menjaga kebersihan tangan sebaik mungkin.

Seperti pada waktu berikut ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.