Tabligh Akbar selalu digelar Setiap Perayaan HUT Kecamatan Latina.

by -

Semangat Payakumbuh-Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) pada tanggal, 9 Desember 2008 silam, Latina yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Payakumbuh Utara itu resmi berdiri membentuk kecamatan baru.

Lahir pada 2008 silam, Walikota Payakumbuh saat itu, Kapten Josrizal Zein mempercayai Mardius sebagai camat pertama Latina. Empat tahun kemudian, menjelang berakhirnya duet Josrizal Zein- Syamsul Bahri ditahun 2012, camat Latina berganti. Doni Prayudha di dipercayakan sebagai Camat Latina yang kedua.

Berbagai kemajuan di Lamposi cukup dirasakan semasa Doni Prayuda menjabat sebagai orang nomor satu di kecamatan pemekaran itu. Terutama dari segi prestasi yang diraih dari tingkat kota, propinsi dan nasional.

Karena sukses mengembangkan kecamatan pemekaran selama hampir empat tahun, karena itu Doni Prayuda dipercaya Walikota Riza Falepi untuk memimpin kecamatan pemekaran lainnya. Yakni sebagai Camat Payakumbuh Selatan pada 2015 silam.

Kemudian posisi Camat Latina digantikan oleh Herlina sejak Januari 2015. Setahun menjadi orang nomor satu di Latina, Herlina mampu menggaet, mendorong dan merangkul kaum ibu-ibu di 6 kelurahan untuk bisa hidup mandiri melalui program PKK.

Tak berselang lama, satu tahun kemudian. Persis Februari 2016, Camat Latina pun berganti. Anak muda asli dari kecamatan setempat, yakni David Bachri dipercaya Walikota Riza Falepi untuk memimpin kecamatan sendiri sampai sekarang. David Bachri menjadi camat Latina yang ke 4 sejak berdiri Latina pada 2008 silam.

Hampir dua tahun sebagai Camat Latina, sudah banyak perubahan berarti dan kemajuan yang terjadi di kecamatan dengan 2775 kepala keluarga tersebut. David yang lebih prioritas untuk mengembalikan branding Lamposi sebagai Kampung Ulama tersebut terus merangkul dan mengajak masyarakat untuk taat ke agama islam.

“Dahulu, Latina disebut sebagai Kampung Ulama, ini yang kita kembalikan. Kita di kecamatan lebih menonjolkan kegiatan-kegiatan keagamaan ke tengah-tengah masyarakat. Seperti yasinan, wirid pengajian serta tabligh akbar,” ucap David Bachri.

Dua tahun terakhir ini, katanya, setiap perayaan Hari Jadi Kecamatan Latina pasti selalu digelar tabligh akbar. Bahkan, tabligh akbar menjadi yang paling di priorotaskan. “Ini yang membuat beda setiap perayaan HUT kecamatan selama 2 tahun terakhir ini. Tabligh Akbar selalu digelar,” katanya lagi.

Majunya Kecamatan Lamposi Tigo Nagori saat ini, tak terlepas dari dorongan dan dukungan seluruh lapisan masyarakat. Tokoh masyarakat, alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai serta generasi muda. Terutama dukungan dan perhatian penuh dua anggota DPRD Kota Payakumbuh untuk membangun kampung halaman. Yakni Syafrizal dari PBB dan Mawi Etek Arianto dari Partai Gerindra.

Baik Syafrizal yang sudah dua periode di DPRD Payakumbuh dan Mawi pun saling bersinergi dalam berjuang habis-habisan untuk memajukan Lamposi Tigo Nagori.(Jentrael)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.