Tiga Puluh Perupa Ambil Bagian pada Pameran #New Eksplorasi 13-19 September 2020 di Galeri Taman Budaya Sumbar

oleh -

Tiga Puluh Perupa Ambil Bagian pada Pameran #New Eksplorasi 13-19 September 2020 di Galeri Taman Budaya Sumbar

Semangatnews.com. Tiga puluh seniman seni rupa dengan jumlah 47 karya akan ambil bagian pada pameran “Realita Sosial” #New Eksplorasi di galeri Taman Budaya Sumatera Barat, Jalan Diponegoro 31 Padang sejak 13 sd 19 September 2020 mendatang.

Diantara karya yang akan ditampilkan itu terdapat 30 lukisan, 3 seni patung, 6 sketsa hitam putih, 8 foto grafi dan sejumlah karya industri kreatif seni kriya berupa seni batik Minang dari dua sanggar batik Sumatera Barat.
Pameran ini merupakan kegiatan ke dua dari tingga rangkaian agenda pameran yang digelar sejak Agustus, September dan Oktober mendatang oleh Dinas Kebudayan UPTD Taman Sumatera Barat tahun 2020 ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan melalui Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat, H. Muasri didampingi Kasi Pameran dan Pagelaran/Pertunjukkan Sexri Budiman, menjawab pertanyaan “Semangatnews.com “di ruang kerjanya, kamis (10/9).

Menurut Muasri, senman seni rupa sebagai bagian dari masyarakat yang ada di Sumatera Barat tetap melakukan penekunan dunia seni rupa secara sungguh-sungguh, silih berganti dengan segala dinamikanya yang seyogyanya harus diteropong, ditelusuri, disimak dan disiasati sebagai bagian kebudayaan yang ada melalui melalui aktivitas pameran dan metoda laberbagai bentuk kegiatan lainnya.

Semua itu tentu harus didukung kehadiran pesonal seniman, pekerja seni, lembaga pendidikan seni, sanggar-sanggar dan berbagai komunitas yang ada di daerah ini guna tetap bersinergi dengan pembangunan kebudayaan melalui keberagaman dan dinamika karya yang muncul hasil penjelajahan kreativitas seniman diberbagai daerah kabupaten/kota Sumatera Barat, jelas Muasri.

Pada pameran pertama #New Life 26 Agustus sd 3 September lalu dengan mengikuti protokoler kesehatan covid.19 memakai masker dan cuci tangan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (26/8) dan esoknya (27/8) dilanjutnya diskusi Wakil Gubernur, Nasrul Abit dengan seniman seni rupa mendapat apresiasi luas oleh masyarakat Sumatera Barat.

Bahkan Wakil Gubernur Nasrul Abit di kesempatan itu mengajak kalangan BUMN, BUMD, semua OPD maupun para pengusaha yang ada di daerah ini untuk turut serta mengoleksi karya-karya yang dipajang selama pameran berlangsung yang dapat dijadikan sebagai aset berharga sekaligus juga berarti turut membantu teman-teman seniman seni rupa yang selama covid. 19 turut terdampak covid.19, jelas Muasri.

Panitia serta kurator pameran yang difasilitasi Dinas Kebudayaan UPTD Taman Budaya Sumatera Barat saat ini meni menindaklanjuti ajakan dan himbauan orang nomor dua Sumatera Barat itu untuk terus menjajaki BUMN, BUMD serta OPD dam pengusaha Sumbar agar semuanya terealisir sebagaimana ajakan dan himbauan Wagub Sumbar itu, tambah Muasri.
Sementara kurator pameran Muharyadi dan Yasrul Sami Batubara, saat dihubungi Semangatnews.com diwajtu yang sama, menjelaskan, dibanding pameran pertama pada pameran kedua #New Eksplorasi ini jumlah peserta pameran cendrung meningkat, dengan tidak mengenyampingkan sistim kurasi, seleksi karya sebelum dinyatakan lolos dan layak ikut serta berpameran.

Diantara peserta pameran kali ini terdapat sejumlah nama yang tak asing lagi kalangan perupa nasional diantaranya Hendra Buana, Ardim, Body Dharma. Hamzah, Herisman Tojes, Hendra Buana, Kamal Guci, Mart Wan, Rizal MS, Harnimal, Zirwen Hazry dan beberapa nama lain.

Puluhan calon peserta pameran yang tidak lolos mengikuti pameran kedua #New Eksplorasi ini masih diberi kesempatan mengikuti seleksi pameran ketiga #Dimensi Space yang rencananya digelar 4 sd 10 Oktober mendatang dengan berpedoman pada juknis pada petunjuk peserta pameran yang telah disebarluaskan melalui media sosial dan pemberitaan media massa sejak beberapa waktu lalu, ujar Muharyadi dan Yasrul Sami Batubara menambahkan. (FR)