UNP Sosialisasikan Standar Pengelolaan Homestay 

oleh -

UNP Sosialisasikan Standar Pengelolaan Homestay

Semangatnews, Padang – Setiap dosen dituntut untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi. Salah satunya memberi kebermanfaatan dan berbagi ilmu pengetahuan secara langsung kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian.

Dengan alasan itu pula, tim dosen Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan tridharma perguruan tinggi tersebut. Kegiatan pengabdian ini sebagai bentuk implementasi kerjasama UNP dengan Kementerian Pariwisata Tahun 2019.

“Kita memberikan pelatihan pelatihan tata graha dan pengelolaan rumah wisata (homestay) di kawasan wisata Harau Kabupaten Lima Puluh Kota,” kata Ketua Pengabdian Dosen UNP Lise Asnur, M.Pd.kepada semangatnews.com, Senin (2/9/2019) di Padang.

Lise katakan, Dosen Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) itu melakukan pengabdian, melibatkan dua dosen lainnya. Dadi Satria, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), serta Khairi Budayawan, M.Kom. dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT).

Adapun dalam kegiatan pengabdian ini, diikuti delapan peserta dari pemilik dan pengelola homestay di kawasan Wisata Harau. Semua peserta diberikan pengetahuan tentang tata graha, dan pengelolaan homestay yang sesuai dengan standar akomodasi pariwisata.

Lise menjelaskan, program ini yang telah dilaksanakan semenjak April 2019 yang lalu. Dengan harapan bisa membantu pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan devisa, pendapatan daerah, serta kesejahteraan masyarakat yang mengelola homestay tersebut.

“Setelah peserta mendapatkan materi tentang tata graha dan tata kelola homestay ini kita harapkan homestay yang sudah ada di kawasan Wisata Harau ini memiliki standar yang sudah baku dan jelas,” tutur Lise.

Sementara Dekan FPP Dra. Ernawati, MPd., menambahkan, Program Desa Wisata yang tengah dikelola FPP UNP ini terbagi menjadi beberapa kegiatan. Salah satunya, pelatihan kepada berbagai lapisan dan unsur masyarakat yang secara langsung terlibat dalam pengembangan kawasan Wisata Harau.

Dalam pemaparannya juga diketahui, kerjasama antara Kementerian Pariwisata dengan UNP ini mendapat dukungan penuh atau disambut positif oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar kawasan Wisata Harau tersebut. Tentu ini menambah semangat tim dosen melakukan pengabdian.

“Tahun ini kami dari FPP mendapat amanah dari pemerintah pusat untuk membantu pemerintah daerah, khususnya bagi masyarakat untuk menata dan mengelola kawasan wisata Harau melalui program Desa Wisata,” pungkas Ernawati. (why)