Wagub Sumbar Hadiri Pengukuhan Pengurus PSHT Cabang Pesisir Selatan

oleh -

Wagub Sumbar Hadiri Pengukuhan Pengurus PSHT Cabang Pesisir Selatan

Semangatnews, Pessel – Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit Datuak Malintang Panai menghadiri pengukuhan Pengurus Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Pesisir Selatan – Pusat Madiun di lapangan blok D Lubang III, Sabtu malam, (16/11/2019).

Acara pengukuhan merupakan Pencak Silat yang berasal dari Madiun dikembangkan di Lunang Pesisir Selatan yang memiliki anggota lebih dari seribu yang bernama “Persaudaraan Terate”, sekaligus Tasyukuran Warga Baru 2019 uang diawali dengan peragaan pencak silat.

Dalam sambutan Wagub Sumbar Nasrul Abit, mengaku sangat mengapresiasi acara persaudaraan ini yang meningkatkan silaturahmi antar warga setempat. Baginya, adanya paguyuban pencak silat ini akan mampu menjadi teladan tentang nilai kerukunan dan persatuan.

“Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, adanya kerukunan antar perguruan pencak silat. Jika di Madiun sebagai sentral pencak silat memberikan teladan,” ungkapnya.

Wagub Nasrul Abit menilai pencak silat ini merupakan seni beladiri yang harus di budayakan, karena silat memiliki kekayaan filofosi, ritme gerak dan sinergi dengan musik tradisional menjadikannya begitu berbeda, maka tak mengherankan begitu banyak aliran pencak silat di Indonesia.

“Harapan kami pencak silat menjadi olahraga prestasi dan sosial kemasyarakatan bisa terintegrasi dalam pembangunan karakter masyarakat Sumbar. Sebagai olahraga prestasi kita harus banyak mewadahi lagi para atlit untuk lebih berkibar. Karena pencak silat juga menjadi cabang olahraga andalan Indonesia,” pungkasnya.

Selanjutnya Wagub Sumbar mengucapkan selamat pada pengurus baru Parseno sebagai ketua cabang PSHT Pesisir Selatan, semoga amanah dan bisa membawa pencak silat kekancah internasional.

Sementara itu, Ketua PSHT cabang Pesisir Selatan, Parseno menyampaikan, bahwa PSHT hadir di Pessel pada tahun 1995 di Lubang yang diperkenalkan oleh Kakang Mas Saimin dan Kakang Mas Bunari di tiga Kecamatan Lubang.

PSHT memiliki watak dan karakter kesatria, bukan hanya mampu mengolah raga, tetapi mampu mengolah jiwa, olah rasa, olah karsa, olah karya, sehingga menjadi pribadi yangboatut di teladani, berani dalam kebenaran dan mampu menjaga perdamaian dan kelestarian kehidupan dimuka bumi.

“Melalui ajaran silat ini, kita berharap sebagai warga PSHT mampu menjadi pelayan sejati bagi diri sendiri dan orang lain serta lingkungan, dengan mengembangkan dimensi pelayanan yaitu cinta dan tindakan,” jelas

Parseno.

Lebih lanjut ia berharap melalui acara tasyukuran dan pelantikan pengurus cabang, Pemerintah dan seluruh elemen yang terkait dapat memberikan dukungan yang nyata, agar budaya Madiun (Jawa Timur) ini tidak hilang di bumi Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, M.Pd, Anggota DPRD Sumbar Yusuf Abi, Forkopimda Pessel, Ketua Umum PSHT RM. Drs. Murjoko Hadiwijoyo, Camat Lunang dan para undangan lainnya. (nov)