Yon Indra Merangkul Seniman Seni Rupa Sumbar Untuk Indonesia

oleh -
Wali Kota Kota Padang Panjang, Fadly Amran menerima tim Tambo Art Centre saat Audiensi pameran Alua jo Patuik varu-baru ini

SEMANGATNEWS.COM, PADANG PANJANG – Pesta pameran seni rupa Tambo Art Centre Sumatera Barat yang di gelar sejak 29 November hingga 8 Desember 2022 kemarin di Gedung Olah Raga Khatib Sulaiman, Bancah Laweh, Padang Panjang dapat dijadikan sakah satu catatan penting dunia seni rupa di tanah air.

Betapa tidak, meski digelar di kota kecil berjulukan “Serambi Mekkah” Padang Panjang pameran yang cukup mendapat perhatian publik itu, melibatkan bukan hanya seniman yang bermukim dan berkarya di Sumbar, tetapi juga melibatkan seniman “urang awak” yang telah lama malang melintang bermukim di daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta dan Jawa Barat.

Salah satu karya Yon Indra, Ruang Rasa Raso Pareso, 160 x 160 cm, Mixmedia, 2022 yang turut
dipajang pada pameran “Alua jo Patuik” — Foto : Muharyadi

Betapa tidak, sejumlah nama peserta pameran yang mengangkat tema “Alua jo Patuik” tersebut, bukan hanya sering berpameran di sejumlah daerah di tanah air, tetapi juga punya nama penting pada iven pameran di Asia bahkan ke sejumlah negara Eropa, ujar Ketua Tambo Art Centre Yon Indra saat diwawancarai di Padang Panjang, Jumat (09/12/22).

Menurut Yon Indra, pelukis kelahiran Lintau 8 Oktober 1971 itu, peran strategis yang di emban salah satu komunitas seni rupa yang ada di Sumatera Barat, tentulah selain mampu merangkul potensi para perupa yang ada ada baik di daerah maupun di luar daerah juga diharapkan mampu menjembatani karya seni rupa dengan publiknya, dalam ranah visual artistik dan estetik tinggi.

Ketua Tambo Art Center Sumbar, Yon Indra — Foto : Muharyadi

Sejak covid 19 berjangkit di tanah air, maka pameran “Alua jo Patuik” ini merupakan event pertama dengan skala cukup besar yang di selenggarakan Tambo Arts Center Sumbar. Padahal sebelumnya sejak komunitas ini berdiri hampir satu dekade Tambo Arts Center senantiasa aktif menggelar pameran, namun dengan cakupan lebih kecil dan ruang terbatas. Namun tetap memiliki tujuan mulia yakni untuk menggairahkan seni rupa di Sumatera Barat, ujar Yon Indra.

Karena itu tambah Yon Indra, selaku ketua Komunitas Tambo Art Centre Sumbar yang saat memiliki sekretariat di salah satu gedung PDIKM Padang Panjang itu, pada tahun 2023 mendatang kita berharap pameran serupa lebih ditingkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas karya yang Insya Allah akan kita rancang sedemikian rupa dengan melibatkan banyak pihak dan para seniman di Sumatera Barat maupun diperantauan, ujar Yon Indra yang telah puluhan kali berpameran skala nasional bahkan internasional itu menambahkan. (Muharyadi)

No More Posts Available.

No more pages to load.